Kuliah Pakar dengan Topik Cyber Security

Banjarmasin, 28 Januari 2024- Kuliah Pakar tentang cyber security ini dilaksanakan oleh @si.unism_official Program Studi Sistem Informasi & @it.unism Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sari Mulia.

Kegiatan : Kuliah Pakar Cyber Security
Tempat : Zoom Meeting
Waktu : 09.00 wita s/d 12.00 wita
Pembicara : Ir. Onno W. Purbo,M.Eng, Ph.D

Tujuan kuliah di bidang keamanan cyber (Cyber Security) bermacam-macam dan tergantung pada aspirasi dan tujuan individu. Beberapa tujuan umumnya melibatkan:

  1. Pemahaman Mendalam tentang Keamanan Komputer: Memahami ancaman keamanan komputer dan jaringan serta cara melindungi sistem dari serangan yang mungkin mencakup keamanan perangkat keras, perangkat lunak, dan kebijakan keamanan.
  2. Keterampilan Teknis: Mengembangkan keterampilan teknis yang diperlukan untuk mengelola dan memitigasi risiko keamanan cyber, termasuk pemahaman tentang coding, analisis malware, dan pengelolaan keamanan jaringan.
  3. Pemahaman terhadap Ancaman Terkini: Mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia keamanan cyber, termasuk tren ancaman baru, metode serangan, dan teknologi keamanan terkini.
  4. Kepemimpinan dan Manajemen Keamanan: Memahami aspek manajemen keamanan, kebijakan keamanan, dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan strategis terkait keamanan informasi.
  5. Keahlian Khusus: Menjadi ahli dalam area tertentu seperti analisis risiko, penilaian keamanan, atau penanganan insiden keamanan.
  6. Kerjasama Tim dan Komunikasi: Meningkatkan keterampilan kerja sama tim dan kemampuan berkomunikasi secara efektif, karena keamanan cyber sering melibatkan kerjasama antardepartemen dan organisasi.
  7. Etika Profesional: Mengembangkan pemahaman etika dan tanggung jawab profesional dalam bekerja dengan data dan sistem informasi, serta menanggapi serangan keamanan.
  8. Sertifikasi Keamanan: Meraih sertifikasi keamanan yang diakui industri, seperti Certified Information Systems Security Professional (CISSP) atau Certified Ethical Hacker (CEH).

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, lulusan kuliah keamanan cyber diharapkan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk melindungi informasi dan sistem komputer dari ancaman yang makin kompleks dan berkembang pesat di dunia digital saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *